SATUAN ACARA PENGAJARAN
( S A P )
MATA KULIAH : ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS, BAYI DAN BALITA
KODE/SKS : Bd.306/4 SKS
WAKTU PERTEMUAN : 2 x 50 menit.
PERTEMUAN KE : III (tiga )
NAMA : Tasliyah Noor
Ningtiyas
A.
Tujuan :
Sasaran belajar : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan
mampu menerapkan asuhan kebidanan pada
neonatus,bayi dan Balita.
Sasaran Pembelajaran : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa
akan mampu menjelaskan konsep Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi dan Balita.
B. Pokok Bahasan : Konsep Asuhan Neonatus,Bayi dan Balita.
C. Sub.Pokok
Bahasan : 1.Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan luar uterus
2.Rawat Gabung
3.Pencegahan infeksi
D.
Kegiatan
Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
dan Alat
Pengajaran
|
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam, absensi
2.
Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke3
3.
Menjelaskan manfaat mempelajari konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
4.
Menjelaskan sasaran belajar dan sasaran pembelajaran untuk Pertemuan Ke -3
|
Menjawab salam, absensi
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
|
Verbal
Laptop, LCD
Laptop, LCD
Laptop, LCD
|
|
Penyajian
|
1. Menjelaskan
tentang
Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan luar uterus
2. Menjelaskan
tentang rawat gabung
3. Menjelaskan
tentang pencegahan infeksi.
4. Memberi
kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dan temannya yang lain menjawab
5. Memuji jawaban
mahasiswa dan memperbaiki jawaban yang kurang benar
|
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Bertanya dan Menjawab
Memperhatikan
|
LCD,Laptop
Laptop, LCD
Laptop, LCD, vidio
Verbal
Verbal
|
|
Penutup
|
1. Menunjuk Mahasiswa Secara acak untuk menjelaskan
kembali tentang konsep asuhan kebidanan neonatus,bayi dan balita.
2. Memberikan penilaian berupa komentar tentang kekurangan
dari penjelasan yang diberikan.
3. Bersama sama mahasiswi merangkum materi pertemuan ke-3.
4. Memberikan gambaran umum tentang materi perkuliahan
yang akan datang.
|
Menjelaskan dan mendengarkan
Memperhatikan
Memperhatikan dan mencatat
Memperhatikan
|
Verbal
Verbal
Whiteboard
Laptop, LCD
|
E.
EVALUASI
Pada akhir pembelajaran dilakukan test secara tertulis berbentuk lisan
F.REFERENSI
1.
Dewi,Vivian
Nanny Lia. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan
Anak Balita. Jakarta : Salemba Medika.
2.
Hidayat, A.Aziz Alimul.2008. Pengantar Ilmu Kesehatan
Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta:Salemba Medika.
3.
Muslihatun, Wafi Nur. 2010. Asuhan Neonatus, bayi dan
Balita. Yogyakarta: Fitramaya.
4.
Saifuddin A.B 2007. Buku Panduan Praktis Pelayanan
Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo:
Jakarta
5.
Sudarti, dan Endang Khoirunnisa.2010.Asuhan Kebidanan
Neonatus, Bayi, dan Anak Balita. Yogyakarta ; Nuha Medika.
koment ya.... kalo menurut kalian ada yg perlu diperbaiki atau ditambah ...thanks before
BalasHapusbatasan waktu mengajarnya koq gag ad ya?? pendahuluan brapa menit? penyajian brapa menit? mgkn itu yg perlu dtambahkan. mksh ^^
BalasHapus