Jumat, 06 April 2012

contoh SAP neonatus (pertemuan ke III)


SATUAN ACARA PENGAJARAN
( S A P )

MATA KULIAH                  : ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS, BAYI DAN BALITA
KODE/SKS                           : Bd.306/4 SKS
WAKTU PERTEMUAN     : 2 x 50 menit.
PERTEMUAN KE               : III (tiga )
NAMA                                   : Tasliyah Noor Ningtiyas
A.    Tujuan                              :
Sasaran belajar               : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan mampu menerapkan asuhan kebidanan  pada neonatus,bayi dan  Balita.
Sasaran Pembelajaran    :  Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan mampu menjelaskan  konsep  Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi dan  Balita.
B.     Pokok Bahasan               : Konsep Asuhan Neonatus,Bayi dan Balita.
C.    Sub.Pokok Bahasan        : 1.Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan luar uterus
                                             2.Rawat Gabung
                                             3.Pencegahan infeksi 
D.    Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media
 dan Alat
 Pengajaran
Pendahuluan
1.      Memberi salam, absensi

2.      Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke3
3.      Menjelaskan manfaat mempelajari konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
4.      Menjelaskan sasaran belajar dan sasaran pembelajaran untuk Pertemuan Ke -3
Menjawab salam, absensi
Memperhatikan

Memperhatikan


Memperhatikan
Verbal

Laptop, LCD

Laptop, LCD


Laptop, LCD






Penyajian
1.      Menjelaskan tentang 
Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan luar uterus
2.      Menjelaskan tentang rawat gabung  
3.      Menjelaskan tentang pencegahan infeksi.
4.      Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dan temannya yang lain menjawab
5.      Memuji jawaban mahasiswa dan memperbaiki jawaban yang kurang benar
Memperhatikan




Memperhatikan

Memperhatikan

Bertanya dan Menjawab



Memperhatikan

LCD,Laptop




Laptop, LCD

Laptop, LCD, vidio

Verbal




Verbal
Penutup
1.      Menunjuk Mahasiswa Secara acak untuk menjelaskan kembali tentang konsep asuhan kebidanan neonatus,bayi dan balita.
2.      Memberikan penilaian berupa komentar tentang kekurangan dari penjelasan yang diberikan.
3.      Bersama sama mahasiswi merangkum materi pertemuan ke-3.
4.      Memberikan gambaran umum tentang materi perkuliahan yang akan datang.
Menjelaskan dan mendengarkan




Memperhatikan



Memperhatikan dan mencatat

Memperhatikan
Verbal





Verbal



Whiteboard


Laptop, LCD

E. EVALUASI
    Pada akhir pembelajaran dilakukan test secara tertulis berbentuk lisan
F.REFERENSI
1.      Dewi,Vivian Nanny Lia. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta : Salemba Medika.
2.      Hidayat, A.Aziz Alimul.2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta:Salemba Medika.
3.      Muslihatun, Wafi Nur. 2010. Asuhan Neonatus, bayi dan Balita. Yogyakarta: Fitramaya.
4.      Saifuddin A.B 2007. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo: Jakarta
5.      Sudarti, dan Endang Khoirunnisa.2010.Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, dan Anak Balita. Yogyakarta ; Nuha Medika.

2 komentar:

  1. koment ya.... kalo menurut kalian ada yg perlu diperbaiki atau ditambah ...thanks before

    BalasHapus
  2. batasan waktu mengajarnya koq gag ad ya?? pendahuluan brapa menit? penyajian brapa menit? mgkn itu yg perlu dtambahkan. mksh ^^

    BalasHapus