BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sejak
dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.
Manusia
juga menemukan alat – alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia
dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat
dan
akurat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuanpenemuan
manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik.
Saat
ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek
kehidupan
dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang
lebih
dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer
di
kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon
yang
menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet
yang
mennghubungkan berbagai tempat di dunia.
B.
PENGGOLONGAN
ALAT PENGOLAH DATA
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari
sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan
besar.
a. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan
data yang sangat sederhana,
dan faktor terpenting dalam
pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan manusia
b. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang
sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara
manual
c. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan
mekanik yang digerakkan oleh
secara
otomatis oleh motor elektronik
d. Peralatan Elektronik: Peralatan yang
bekerjanya secara elektronik penuh
a.
Peralatan
Manual
Abacus

Abacus, yang muncul
sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula
mesin komputasi. Alat
ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan biji - bijian
geser yang diatur
pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu
menggunakan abacus
untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan
munculnya pensil dan
kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
b.
peralatan
Mekanik
1) ¨
pascaline
Pada tahun 1642,
Blaise Pascal (1623 - 1662), yang pada waktu itu
berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda
numerik (numerical
wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak
persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan
delapan roda putar
bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan
digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
Kelemahan alat ini
adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.

Tahun 1694, seorang
matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred
Wilhem von Leibniz
(1646 - 1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat
mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini
bekerja dengan
menggunakan rodarodagerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambargambar yang
dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakanalatnya.
2) Kalkulator Mekanik(Arithometer)
Charles Xavier Thomas
de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar.
Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih
praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian

c.
Peralatan
Mekanik Elektronik
1.
Mesin
Uap Differensiil
Awal mula komputer
yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor
matematika Inggris, Charles
Babbage (1791 - 1871). Tahun 1812, Babbage
memperhatikan
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika.
Mesin mekanik sangat
baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali
tanpa kesalahan;
sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari
suatu langkah - langkah
tertentu. Masalah tersebut kemudain berkembang
hingga menempatkan
mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang
pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada
tahun 1822 ketika ia
mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan
persamaan
differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan
menggunakan tenaga
uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat
melakukan kalkulasi
serta mencetak hasilnya secara otomatis.
2. Analytical Engine
Setelah bekerja
dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba
terinspirasi untuk
memulai membuat komputer generalpurpose yang pertama, yang disebut Analytical
Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815 - 1842) memiliki
peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana,
mencari
pendanaan dari
pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada
publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini
memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga
membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen
Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA
sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah
selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat
tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga
mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen,
desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu – kartu perforasi
(berlubanglubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin
tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860 - 1929) juga menerapkan prinsip kartu
perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah
menemukan cara yang
lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.
Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun
untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut
memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan
kartu perforasi untuk memasukkan data sensus
yang kemudian diolah
oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat
menyimpan hingga 80
variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil
sensus dapat
diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki
keuntungan dalam
bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media
penyimpan data.
Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara
drastis. Hollerith
kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke
masyarakat luas. Ia
mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun
1896 yang kemudian
menjadi International Business Machine (1924) setelah
mengalami beberapa
kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and
Burroghs juga
memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis.
Kartu perforasi
digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk
permrosesan data
hingga tahun 1960. Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan
baru lainnya. Vannevar Bush (1890 - 1974)
membuat sebuah
kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin
tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini
dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat
karena
ratusan gerigi dan
poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
d.
Peralatan Elektronik
Pada tahun 1903, John
V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang
menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan
pada hasil kerja George Boole (1815 - 1864)berupa sistem biner aljabar, yang
menyatakan bahwa setiap persamaanmatematik dapat dinyatakan sebagai benar atau
salah. Denganmengaplikasikan kondisi benarsalah ke dalam sirkuit listrik dalam
bentuk
terhubungterputus, Atanasoff
dan Berry membuat komputer elektrik pertama
di tahun 1940. Namun
proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
BAB II PEMBAHASAN
A.
DEFINISI
KOMPUTER
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang
mengandung arti
menghitung. Karena
luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti
sedikit berbeda dalam
mendefinisikan termininologi komputer.
1. Menurut
Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan
dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan
program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan out put yang berupa
informasi
2. Menurut
Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan
beberapa tugas sebagai berikut: menerima input memproses input tadi sesuai
dengan dan hasil dari pengolahan menyediakan
output dalam bentuk informasi
3. Menurut
Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data
yang
dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan
aritmetika
dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan
konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk
menghasilkan suatu
informasi, maka diperlukan sistem komputer
(computer system)
yang elemennya
terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga
elemen sistem
komputer tersebut
harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware
tidak akan berfungsi
apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya
tiada bermanfaat
apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan
mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat
Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa jamah.
2. Software atau
Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk
melakukan pengolahan data.
3. Brainware:
manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem
komputer.
B. PENGGOLONGAN
KOMPUTER
Penggolongan komputer
berdasarkan 5 hal:
1. data
yang diolah,
2.
penggunaan
3.
kapasitas dan ukurannya
4. Perkembangan
Hardware
5. Perkembangan
Software
1.
Berdasarkan
Data Yang Diolah
a. Komputer Analog
komputer analog digunakan untuk mengolah data
kualitatif, bekerja secara
kontinu dan parallel,
biasanya tidak memerlukan bahasa perantara.
Contohnya komputer
yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu,
kecepatan suara,
voltase listrik dll.

b. Komputer Digital
Digunakan untuk
mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf &
angka, karakterkarakter
khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara.
Contohnya komputer PC
dll.

c.
Komputer Hybrid
merupakan kombinasi
antara komputer analog dengan digital.
Contohnya: Facsimile

2. Berdasarkan Penggunaannya
a.
Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
b.
Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
3. Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik :
Perlu diketahui bahwa
komputer tidak dibedakan kemampuannya berdasarkan ukuran
fisiknya. Bukan
berarti komputer yang kecil bentuknya berarti kecil pula kemampuannya
1. Tower
(menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah
meja, karena
ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja.
Komputer ini biasanya
banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak
memiliki expansion
slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga
bisa ditambahkan
dengan berbagai perangkat tambahan.

2. Desktop
(meja) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari
Tower, tetapi biasanya
diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak
dipakai karena
harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk
yang lain.

3. Portable
(mudah dibawabawa)
adalah komputer yang
ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagianbagiannya
dapat dirangkai
menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemanamana.
Komputer ini
ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas ilapangan, misalnya insinyur yang bertugas
menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data
dilokasi yang jauh
dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relative besar dan berat.

4. Notebook
(buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku.
Notebook mempunyai
ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11
inci, tebalnya berkisar
1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.

5. Subnotebook
adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook
dan palmtop.
Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada
sebagian perangkat
yang tidak dipasang, biasanya disk drive.

6. Palmtop
adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang
sangat kecil.
Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini
tidak memerlukan
aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA).
Kelemahan dari
komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan
keyboardnya sedikit
lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pamakai.

4.
Berdasarkan
Perkembangan Hardwarenya
Berdasarkan
perkembangan hardware, komputer terbagi dalam 5 generasi yaitu:
a. Komputer
Generasi Pertama (1946 - 1959)
Dengan terjadinya
Perang Dunia II, negaranegara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha
mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki
komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer.
Colossus
Tahun 1943, pihak
Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus
untuk memecahkan koderahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus
tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua
alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (generalpurpose
computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua,
keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang
berakhir.
MarkI
Usaha yang dilakukan
oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H.
Aiken (1900 - 1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil
memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran
panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500
mil. The HarvdIBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau
Mark I, merupakan komputer relai lektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi
dengan lambat (ia membutuhkan 35detik untuk setiap perhitungan) dan tidak
fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
ENIAC
Perkembangan komputer
lain pada masa ini adalah Electronic Numerical
Integrator and
Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah
Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung
vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputertersebut merupakan
mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini
dirancang oleh John Presper Eckert (1919 - 1995) dn John W. Mauchly (1907 - 1980),
ENIAC merupakan computer
serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan
Mark I.

EDVAC
Pada pertengahan
1940an, John von Neumann (1903 - 1957) bergabung dengan tim university of
Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun
mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic
Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan
sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan
komputeruntuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang
memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan Melalui satu sumber
tunggal.

UNIVAC I
Tahun 1951, UNIVAC I
(Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand,
menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von
Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki
UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah
keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presidentahun 1952.

Ciri komputer
generasi pertama adalah:
§ Penggunaan tube
vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
§ Adanya silinder
magnetik untuk penyimpanan data.
§ instruksi operasi
dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
§ Setiap komputer
memiliki program kodebiner
yang berbeda yang
disebut “bahasa
mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya.
b.
Komputer Generasi Kedua (1959 - 1964)
Stretch dan LARC
Mesin pertama yang
memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer. IBM
membuat superkomputer bernama Stretch, dan SpreryRand
membuat komputer
bernama LARC. Komputerkomputer
ini, yang
dikembangkan untuk
laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah
kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
Mesin tersebut sangat
mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan
komputasi bisnis,
sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan
digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang
lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi
kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa
assembly adalah
bahasa yang menggunakan singkatansingakatan untuk
menggantikan kode
biner. Pada awal 1960an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses
di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputerkomputer generasi
kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan
transistor. Mereka juga memiliki komponenkomponen yang dapat diasosiasikan
dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory,
sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini
adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun
1965, hamper seluruh bisnisbisnis besar menggunakan komputer generasi kedua
untuk memproses informasi keuangan.

Program yang
tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman
yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas
ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.
Dengan konsep ini,
komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan
kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa
pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa
pemrograman Common
BusinessOriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN)
mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini
menggantikan kode
mesin yang rumit dengan katakata, kalimat, dan formula matematika yang lebih
mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan
seseorang untuk
memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir
baru bermunculan (programmer,
analyst, dan ahli sistem komputer). Industri
piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa computer generasi kedua ini.
Ciri:
§ Penggunaan
transistor sehingga ukurannya lebih kecil
§ Adanya pengembangan
memori intimagnetik
membantu pengembangan
komputer generasi
kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya
§ Penggantian dari
bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
§ Muncul bahasa
pemrograman COBOL dan FORTRAN
3.
Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970)
Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian - bagian
internal komputer.
Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah
ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit
terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga
komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon
kecil yang terbuat
dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih
banyak komponenkomponen ke dalam suatu chiptunggal
yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen
dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operating system) yang memungkinkan
mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang
memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer.
Ciri:
· Penggunaan
IC(Intregrated Circuit)
· Ukuran komputer
menjadi lebih kecil
· Ditemukannya Sistem
Operasi
d.
Komputer Generasi Keempat (1979 - sekarang)

Setelah IC, tujuan
pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan
ukuran sirkuit dan
komponenkomponen
elektrik. Large
Scale Integration
(LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980an,
Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam
sebuah chip tunggal.
UltraLarge
Scale Integration (ULSI)
meningkatkan
jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian
banyak komponen dalam
suatu keping yang berukurang setengah keping uang
logam mendorong
turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya
kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada
IC dengan meletakkan
seluruh komponen dari sebuah komputer (central
processing unit, memori,
dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang
sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu
yang spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan
kemudian diprogram
untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Tidak lama kemudian,
setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,
televisi, dn mobil
dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang
demikian memungkinkan orangorang biasa untuk
menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan
tahun 1970an, perakit
komputer menawarkan produk komputer mereka ke
masyarakat umum.
Komputerkomputer ini, yang disebut minikomputer,
dijual dengan paket
piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.
Piranti lunak yang
paling populer pada saat itu adalah program word
processing dan spreadsheet.
Pada awal 1980an, video game seperti Atari
2600 menarik
perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat
diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer
(PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC
yang digunakan
melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit
di tahun 1982.
Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan
evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang
berada di atas meja (desktop
computer) menjadi komputer yang dapat
dimasukkan ke dalam
tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing
dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem
grafis pada
komputernya, sementara saingannya masih menggunakan
komputer yang
berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan
piranti mouse. Pada
masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU
buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini
semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan
menjamurnya
penggunaan komputer di tempat kerja, caracara
baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya
suatu komputer kecil,
komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara
bersamaan dalam suatu
jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak,
informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang
lainnya. Komputer
jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk
membentuk kerjasama
elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.
Dengan menggunakan
perkabelan langsung (disebut juga local area network,
LAN), atau kabel
telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar Ciri:
· Digunakannya LSI,
VLSI, ULSI
· Digunakannya
mikroprosesor
e.
Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena
tahap ini masih
sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima
adalah komputer fiksi
HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001:Space Odyssey.
HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari
sebuah komputer
generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial
intelligence),
HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan
dengan manusia,
menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin
realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan,
banyak fungsifungsi
yang dimilikinya
sudah terwujud. Beberapa komputer
dapat menerima
instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk
menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.
Fasilitas ini tampak
sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih
rumit dari yang
diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian
manusia sangat
bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar
menterjemahkan
katakata
secara langsung.
Banyak kemajuan di
bidang desain komputer dan teknologi semkain
memungkinkan
pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah
kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model
Von Neumann. Model Von Neumann akan digantikan
dengan sistem yang
mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja
secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran
elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya
dapat mempercepat
kecepatan informasi.
Jepang adalah negara
yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga
dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang
menyatakan bahwa
proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan
proyek komputer generasi kelima ini akan membawa
perubahan baru
paradigma komputerisasi di dunia.
Ciri:
· Adanya kecerdasan
buatan
· Mengkoordinasikan
CPU secara serempak
· Adanya teknologi
super konduktor
5. BERDASARKAN
PERKEMBANGAN SOFTWARENYA
a. Era Pioner
Bentuk perangkat
lunak pada awalnya adalah sambungansambungan
kabel ke antar bagian
dalam Komputer. Cara lain dalam mengakses komputer
adalah menggunakan punched
card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan
komputer saat itu
masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk
sebuah mesin untuk
tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan
satu kesatuan dengan
perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan
secara langsung dan
hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.
Proses yang di
lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara
berurutan di proses.
Contoh komputer pada era ini adalah komputer ENIAC.
b. Era Stabil
Pada era stabil
penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak
hanya oleh kalangan
peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan
industri /
perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah
perangkat lunak dapat
Menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak
mulai bergeser
menjadi sebuah produk. Barisbaris perintah perangkat lunak
yang di jalankan oleh
komputer bukan lagi satusatu, tapi sudah seperti banyak
proses yang di
lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat
lunak mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real
time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang
memisahkan antara
program (pemroses) dengan data (yang di proses).

c. Era Mikro
Sejalan dengan
semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini,
perangkat lunak juga
berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
Perangkat lunak dapat
di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang
bertugas menangani
internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan
secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi
yang ada di dalam
perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
d. Era Modern
Saat ini perangkat
lunak sudah terdapat di manamana, tidak hanya pada
sebuah superkomputer
dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun
telah di lengkapi
dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan
microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan
itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada
suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak
bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak
orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu
dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat,selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
BAB III PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Komputer dimulai dari sejarahnya untuk memperlihatkan
perkembangan dan juga pergeseran manfaat dari komputer dari masa ke masa. Komputer,
dalam sejarahnya, tidak langsung disebut komputer. Orientasi, penggunaan dan kemampuannya pun jauh berbeda dari komputer
sekarang. Jika pada awalnya cikal bakal komputer hanya berorientasi untuk
masalah perhitungan dan masalah matematis, kemudian berkembang menjadi pengolah
kata, maka komputer sekarang justru menjadi alat penyedia informasi dan berkomunikasi.
Perubahan fungsi ini pasti mengalami banyak pergumulan dan didasari dengan
berbagai alasan atau tujuan. Setiap penemuan baru biasanya mengacu pada
penemuan sebelumnya dengan mengamati permasalahan yang dihadapi dan bagaimana
cara menyelesaikan masalah tersebut. Penemuan selanjutnya sudah selayaknya
lebih dari penemuan yang ada, karena disitulah arti kemajuan. Setiap penemuan
selalu menghasilkan sesuatu yang tidak hanya untuk penemunya, tapi juga untuk
orang lain yang mungkin menghadapi masalah yang sama, atau yang dapat mengambil
manfaat dari hasil penemuan itu. Dengan berulangnya siklus ini, masyarakat berkembang
dan maju.
2.
SARAN
Mengingat
pentingya peran computer dalam berbagai dimensi kehidupan manusia terutama
pendidikan, penyusun memberikan saran sebagainberikut :
a.
Marilah kita
memamfaatkan computer untuk mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan
b.
Sebaiknya computer di
mamfaatkan sesuai dengan tujuan dan fungsinya dan bukan sebagai sarana
kriminalitas
c.
Sebagai calon
pendidik kita harus tahu cara
mengoperasikan computer oleh karena itu sebaiknya memiliki computer
/leptop
DAFTAR PUSTAKA
Uc
Turer, ukdw.ac.id/othie/computer.pdf.
Iwanbinanto.
Files.wordpress.com/2011/sejarah computer.pdf.
Sandi.staf.gunadarma.ac.id/download/file.pdf.
http://www.maxmen.com/histori.2007.htm.
Daryanto,Keterampilan
dasar pengoprasian computer,2004, Ya rama
Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar