Senin, 26 Maret 2012

perangkat komputer


BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG 
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermaket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multi media. Belum lagi perkembangan teknologi di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuhannya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan.

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut blismer (1985), komputer adalah suatu alat eletronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan proses yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem eletronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan eletronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari defenisi tersebut, terdapat 3 istilah penting yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data menggunakan komputer di kenal dengan nama pengolahan data eletronik (PDE) atau electronic data pricessing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintahuntuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dlam mengoprasikna serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat nerfungsi jika tidak ada manusia yang mengoprasikannya.
Perangkat keras adalah bagian-bagian dari material komputer. Komponen-komponen ini mempunyai massa dan akan diinstalasi dengan obeng. Setiap perangkat keras memiliki garansi. Sedangkan perangkat lunak adalah kebalikan dari perangkat keras yakni bagian-bagian yang non material dari komputer seperti BIOS, sistem operasi dan program-program. Perangkat lunak akan diinstalasikan ke dalam komputer melalui ‘keyboard’ dan ‘mouse’.
Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas 3 bagian penting yaitu:
1.      Perangkat keras: unit pemrosesan sentral (CPU) perangkat keras:prosesor
2.      Perangkat keras: memori ROM dan RAM
3.      Perangkat keras: input/output
Dimana bagian CPU/Processor, memori dan port I/O terletak (terpasang) pada mother board.

B.       TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan dari makalah ini adalah:
1.      Kita dapat mengetahui apa sebenarnya perangkat keras dan lunak pada komputer.
2.      Kita dapat mengetahui bagian-bagian dari perangkta tersebut
3.      Kita dapat mengetahui fungsi atau tujuannya.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroprasi didalamnya Perangkat  keras  komputer  (hardware)  adalah  semua  bagian  fisik, dan dibedakan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam  kategori  elemen  perangkat  keras (hardware). 
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : 
1.      Input device ( unit pemasukan)
2.      Process device (unit pemrosesan)
3.      Output device (unit keluaran)
4.      Backing storage (unit penyimpanan)
5.      Periferal (unit tambahan)
Komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output, dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, registers dan control section), output device terdiri dari monitor dan printer, storage external memory dari harddisk, floppy drive, CD ROM, magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan Rom. Sedangkan komponen periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen periferal ini contohnya: TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Diagram perangkat keras secara umum :
 


(1)                                              (2)                                               (3)
Memori/Storage
ROM/RAM
 
                                           (4)


Keterangan:
1.      Proses pemasukan data ke komputer : Input data (keyboard)
2.      Proses pengolahan data                       : Processing (CPU)
3.      Proses menghasilkan informasi           : Output/Monitor/Printer
4.      Tempat untuk menyimpan data          : Memori/Storage (ROM/RAM)

background imageGambar-gambar Perangkat Keras (hardware)

















Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
1).   Keyboard
       Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2).    Mouse
         Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3).Processor
         Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna. Perangkat Komputer dan Kegunaannya
4).Motherboard(Komputer)
         Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
5).RAM
         RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
6). CMOS
        CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
7).KonektorCasing
         Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
8).Monitor
         Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.

9).PowerSupply
         Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10). Harddisk
        Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
11). Kipas (Pendingin)
         Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.
B.       PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
 Perangkat lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa menusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk:
a.       Mengidentifikasi program
b.      Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh  perangkat  komputer terkontrol
c.       Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
Macam-macam perangkat lunak
a.       Sistem operasi (operating system)
Sistem operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem  kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Contoh sistem operasi misalnya : Disk Operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
b.      Program Aplikasi (Application Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
c.       Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
d.      Program Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu.
C.      BRAINWARE
         Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
         Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
   1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
   2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
   3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
   4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
   5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor :D .
   6. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
   7. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
   8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
   9. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
  10. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya :
    * Network Platform
         1. Administrator
         2. Backup Operator
         3. Network Config Operator
         4. Power User
         5. Remote Desktop User
         6. Replicator
         7. User
         8. Guest
         9. Debugger User
        10. Help Services Group
    * Web Platform
         1. Web Master
         2. Designer
         3. Operator
         4. User
    * Software Builder
         1. Analisis Sistem
         2. Programmer
         3. Operator








BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
         Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon). Kemudian diadaptasi pengucapannya menjadi computer atau dalam istilah Indonesianya Komputer. Selanjutnya definisi komputer terus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan teknologi dan fungsi komputer itu sendiri.
         Definisi komputer menurut beberapa buku komputer populer yang pernah saya baca dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang beroperasi secara otomatis, dapat menerima input data atau informasi, mengolahnya menggunakan instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori komputer (stored program), menyimpan data dan informasi hasil pengolahan dan menampilkannya jika dibutuhkan. Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah kompulan instruksi atau perintah yang sudah di instal ke dalam memori komputer agar komputer dapat melakukan fungsinya sesuai dengan instruksi yang diberikan.
       Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.
         Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.

Saran
Dalam penulisan dan penyajian materi dalam makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Kedepannya, diharapkan bagi pembaca (terutama penulis) untuk terus menggali informasi mengenai Perangkat Komputer dan dalam memberikan ilmu diharapkan mengikuti perkembangan IPTEK dan menjadikan Agama (Al-Qur’an dan As-Sunnah) sebagai rujukan, agar ilmu yang diberikan dapat dipertanggung jawabkan baik di dunia maupun diakhirat. Insya ALLAH.













DAFTAR PUSTAKA
Fairus, N.H. (2004).  Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA, Ganeca Exact, Jakarta. 
Supriyanto. (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP IX, Yudhistira, Salatiga.
Http://www.Perangkat Komputer.com. Google 4 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar