Sabtu, 25 Agustus 2012

ermasalahan KESPRO dan perempuan di komunitas

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk mempertinggi derajat kesehatan masyarakat akan tetapi Kesehatan wanita sering dilupakan dan hanya sebagai objek dengan mengatas namakan “pembangunan” seperti program KB, dan pengendalian jumlah penduduk.Padahal wanita sangat berperan penting dalam hal ini karena perannya yang sangat besar dalam keluarga.
Wanita memiliki banyak permasalahan kesehatan reproduksi yang perlu mendapat perhatian khusus.Saat ini masalah kesehatan reproduksi wanita sudah menjadi agenda Intemasional diantaranya Indonesia menyepakati hasil-hasil Konferensi mengenai kesehatan reproduksi dan kependudukan (Beijing dan Kairo).
Makalah ini mencoba menjelaskan mengenai permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan menggunakan metode havard, gender analisis matrix, KPP, pohon masalah dan pohon harapan.
B.    TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu :
Menjelaskan mengenai permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas dengan menggunakan metode Havard, GAM, KPP, pohon masalah, pohon harapan, dan diagram venn sebagai tugas mata kuliah Kebidanan Komunitas
C.    RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah penulisan makalah ini yaitu ;
1.    Jelaskan mengenai permasalahan kesehatan reproduksi dan perempuan di komunitas
2.    Jelaskan tentang metode Havard, GAM, KPP, pohon masalah, pohon harapan, dan diagram venn

















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Permasalahan Kespro Dan Perempuan Di Komunitas
Defenisi kesehatan reproduksi menurut WHO yaitu suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya.
Dalam pengertian kesehatan reproduksi secara lebih mendalam, bukan semata-mata sebagai pengertian klinis (kedokteran) saja tetapi juga mencakup pengertian sosial (masyarakat). Intinya goal kesehatan secara menyeluruh bahwa kualitas hidupnya sangat baik. Namun, kondisi sosial dan ekonomi terutama di negara-negara berkembang yang kualitas hidup dan kemiskinan memburuk, secara tidak langsung memperburuk pula kesehatan reproduksi wanita. Indikator-indikator permasalahan kesehatan reproduksi wanita di Indonesia antara lain:
1.    Gender, adalah peran masing-masing pria dan wanita berdasarkan jenis kelamin menurut budaya yang berbeda-beda. Gender sebagai suatu kontruksi social mempengaruhi tingkat kesehatan, dan karena peran gender berbeda dalam konteks cross cultural berarti tingkat kesehatan wanita juga berbeda-beda.
Peran gender yang menganggap status wanita yang rendah berakumulasi dengan indikator-indikator lain seperti kemiskinan, pendidikan, kawin muda dan beban kerja yang berat mengakibatkan wanita juga kekurangan waktu, informasi, untuk memperhatikan kesehatan reproduksinya.
2.    Kemiskinan, antara lain mengakibatkan:
a.    Makanan yang tidak cukup atau makanan yang kurang gizi
b.    Persediaan air yang kurang, sanitasi yang jelek dan perumahan yang tidak layak.
c.    Tidak mendapatkan pelayanan yang baik.
3.    Pendidikan yang rendah.
Kemiskinan mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Kesempatan untuk sekolah tidak sama untuk semua tetapi tergantung dari kemampuan membiayai. Dalam situasi kesulitan biaya biasanya anak laki-laki lebih diutamakan karena laki-laki dianggap sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga. Dalam hal ini bukan indikator kemiskinan saja yang berpengaruh tetapi juga gender berpengaruh pula terhadap pendidikan. Tingkat pendidikan ini mempengaruhi tingkat kesehatan.Orang yang berpendidikan biasanya mempunyai pengertian yang lebih besar terhadap masalah-masalah kesehatan dan pencegahannya.Minimal dengan mempunyai pendidikan yang memadai seseorang dapat mencari merawat diri sendiri, dan ikut serta dalam mengambil keputusan dalam keluarga dan masyarakat.
4.    Kawin muda
Di negara berkembang termasuk Indonesia kawin muda pada wanita masih banyak terjadi (biasanya di bawah usia 18 tahun). Hal ini banyak kebudayaan Yang menganggap kalau belum menikah di usia tertentu dianggap tidak laku. Ada juga karena faktor kemiskinan, orang tua cepat-cepat mengawinkan anaknya agar lepas tanggung jawabnya dan diserahkan anak wanita tersebut kepada suaminya.Ini berarti wanita muda hamil mempunyai resiko tinggi pada saat persalinan. Disamping itu resiko tingkat kematian dua kali lebih besar dari wanita yang menikah di usia 20 tahunan. Dampak lain, mereka putus sekolah, pada akhirnya akanbergantung kepada suami baik dalam ekonomi dan pengambilan keputusan.
5.    Kekurangan gizi dan Kesehatan yang buruk.
Menurut WHO di negara berkembang terrnasuk Indonesia diperkirakan 450 juta wanita tumbuh tidak sempurna karena kurang gizi pada masa kanak-kanak, akibat kemiskinan. Jika pun berkecukupan, budaya menentukan bahwa suami dan anak laki-laki mendapat porsi yang banyak dan terbaik dan terakhir sang ibu memakan sisa yang ada. Wanita sejak ia mengalami menstruasi akan membutuhkan gizi yang lebih banyak dari pria untuk mengganti darah yang keluar. Zat yang sangat dibutuhkan adalah zat besi yaitu 3 kali lebih besar dari kebutuhan pria. Di samping itu wanita juga membutuhkan zat yodium lebih banyak dari pria, kekurangan zat ini akan menyebabkan gondok yang membahayakan perkembangan janin baik fisik maupun mental. Wanita juga sangat rawan terhadap beberapa penyakit, termasuk penyakit menular seksual, karena pekerjaan mereka atau tubuh mereka yang berbeda dengan pria.Salah satu situasi yang rawan adalah, pekerjaan wanita yang selalu berhubungan dengan air, misalnya mencuci, memasak, dan sebagainya.Seperti diketahui air adalah media yang cukup berbahaya dalam penularan bakteri penyakit.
6.    Beban Kerja yang berat.
Wanita bekerja jauh lebih lama dari pada pria, berbagai penelitian yang telah dilakukan di seluruh dunia rata-rata wanita bekerja 3 jam lebih lama. Akibatnya wanita mempunyai sedikit waktu istirahat, lebih lanjut terjadinya kelelahan kronis stress, dan sebagainya.Kesehatan wanita tidak hanya dipengaruhi oleh waktu kerja, tetapi juga jenis pekerjaan yang berat, kotor dan monoton bahkan membahayakan.Di India banyak kasus keguguran atau kelahiran sebelum waktunya pada musim panen karena wanita terus-terusan bekerja keras. Dibidang pertanian baik pria maupun wanita dapat terserang efek dari zat kimia (peptisida), tetapi akan lebih berbahaya jika wanita dalam keadaan hamil, karena akan berpengaruh terhadap janin dalam kandungannya. Resiko-resiko yang harus dialami bila wanita bekerja di industri-industri misalnya panas yang berlebihlebihan, berisik, dan cahaya yang menyilaukan, bahan kimia, atau radiasi.
B.    Metode Havard
dikembangkan oleh Harvard Institute for InternationalDevelopment bekerja sama dengan Kantor Women in Development (WID)-USAID. Model Harvard didasarkan pada pendekatan efisiensi WID yang merupakan kerangka analisis gender dan perencanaan gender paling awal.Model analisis Harvard lebih sesuai digunakan untuk perencanaan proyek,menyimpulkan data basis atau data dasar.
a.    Tujuan Kerangka Harvard :
1.    Untuk menunjukkan bahwa ada suatu investasi secara ekonomi yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki secara rasional.
2.    Untuk membantu para perencana merancang proyek yang lebih efisien dan memperbaiki produktivitas kerja secara menyeluruh.
3.    Mencari informasi yang lebih rinci sebagai dasar untuk mencapai tujuan efisiensi dengan tingkat keadilan gender yang optimal.
4.    Untuk memetakan pekerjaan laki-laki dan perempuan dalam masyarakat dan melihat faktor penyebab perbedaan.
b.    Fokus analisis havard
Terdiri dari empat fokus analisis yakni: akses, partisipasi, kontrol, manfaat
1)    Akses: Apakah intervensi pembangunan memberi ruang atau membuka pintu bagi laki-laki dan perempuan untuk terlibat dan mendapatkan manfaat dari intervensi tersebut.
2)    Partisipasi: Apakah laki-laki dan perempuan terlibat secara nyata dalam proses intervensi tersebut. Bilamana tidak, apa kendala yang dihadapi?
3)    Kontrol: Apakah laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki kekuatan/kekuasaan terhadap pengambilan keputusan terkait dengan intervensi tersebut
4)    Manfaat: Apakah intervensi itu benar-benar menguntungkan laki-laki dan perempuan? Keuntungan mana yang akan bertambah, atau mana yang akan menguntungkan untuk laki-laki dan mana yang akan menguntungkan untuk perempuan?
c.    Alat  Analisis Harvard
1)    Profil Kegiatan Berguna untuk mengidentifikasi pekerjaan produktif dan reproduktif dengan pertanyaan kunci: siapa melakukan apa.
Kegiatan    Laki laki    perempuan
A.    Aktivitas produksi
1.    Menanam padi

2.    Menuai padi   


_   




B.    Aktiitas reproduksi
1.    Menjaga anak

2.    Memasak

3.    membersihkan rumah   
_

_

_   






2)    Akses dan Kontrol – Sumber dan Manfaat
Bermanfaat untuk menolong pengguna untuk membuat daftar sumber-sumber daya keluarga atau warga atas kegiatan yang dilakukan pada Alat 1. Alat ini menunjukkan apakah perempuan atau laki-laki mempunyai akses atas sumber-sumber daya, siapa yang mengontrol pengunaannya, siapa yang mengontrol pemanfaatan atas sumber-sumber daya milik keluarga atau warga. Akses adalah peluang untuk memanfaatkan sumber-sumberdaya tetapi tidak mempunyai hak untuk mengontrolnya, sedangkan Kontrol adalah kekuasaan untuk mengambil keputusan akan penggunaan sumberdaya serta keuntungannya.
Profil akses dan kontrol atas sumber daya dan benefit.
    Akses    Kontrol
    Laki laki    perempuan    Laki laki    Perempuan
Sumber daya

1.    Sawah

2.    Alat produksi

3.    Uang

4.    Pendidikan


5.    Pelatihan

dst
   











   










-

   













   



-

¬_

-


-
Benefit
1.    Pendapatan dari luar

2.    Aset kepemilikan

3.    Kebutuhan dasar (makanan, pakaian, tempat tinggal)

4.    Pendidikan   













   













   













    -


-



-





-






3)    Faktor-faktor Yang Memengaruhi
Berguna untuk mendapatkan informasi faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan-perbedaan  gender dalam hal ketenagaan kerja, akses dan kontrol sebagaimana yang terdaftar dalam Alat 1 dan Alat 2. Identifikasi faktor-faktor  yang berpengaruh baik pada masa lampau maupun masa sekarang menolong untuk memberikan indikasi/tanda bagi tren di masa depan.Identifikasi ini penting karena akan menunjukan kesempatan dan hambatan baik bagi perempuan maupun laki-laki karena perbedaan gender mereka.
Factor factor yang mempengaruhi    Hambatan    Kesempatan
1.    Norma masyarakat dan hirarki sosial








2.    Faktor demografi

3.    Faktor ekonomi


4.    Pendidikan

Dst    Anggapan masyarkat bahwa pekerjaan rumah tangga ( seperti memasak, menjaga anak, bersih bersih rumah) adalah tugas perempuan

-


Masih tingginya tingkat Kemiskinan

Tingginya biaya pendidikan    Mencari nafkah adalah tugas utama lelaki









Lahan pertanian yang luas

-



Adanya pendidikan gratis



C.    Gender Analysis Matrix (GAM)
Matriks Analisis Gender adalah alat analisis yang menggunakan metodologi partisipatif untuk memfasilitasi definisi dan analisis isu-isu gender oleh masyarakat yang terpengaruh oleh mereka. Menggunakan Matriks Analisis Gender akan memberikan artikulasi unik dari isu-isu serta mengembangkan kapasitas analisis jender dari tingkat akar rumput ke atas.
Matrix analisis (GAP/POP)
Tujuan Kebijakan    Data pembuka wawasan    Factor kesenjangan    Isu gender    Reformulasi kebijakan    Indicator gender    sasaran
Program :
Pengendalian jumlah penduduk

Kegiatan:
program keluarga berrencana (KB)

Tujuan :
menjamin terkendalinya pertambahan penduduk.    berdasarkan SDKI 2002-2003, peserta KB Pria di Indonesia hanya berada pada kisaran 1,3 % dari target propenas 2000-2004 yang mencapai angka 8 %    Akses :
Masih terbatasnya pilihan alat kontrasepsi pria dibandingkan perempuan

Partisipasi :
Masih kurang pria yang ikut berpartisipasi dalam program KB dibandingkan perempuan

Kontrol :
Pengambilan keputusan untuk berKB masih ditangan suami meskipun wanita yang akan menggunakan alat kontrasepsinya

Manfaat:
Laki laki lebih terbebas dari efek samping yang kemungkinan dialami karena menjadi akseptor KB    Dalam masyarakat, laki laki lebih dominan mengambil keputusan terutama yang menyangkut penggunaan alat kontrasepsi

Masih ada anggapan bahwa hamil adalah urusan perempuan
    Tujuan Program :
 Meningkatkan peran serta pria dalam KB untuk mendukung program keluarga berencana nasional    Laki laki dan perempuan memiliki pilihan yang sama banyaknya dalam hal jenis kontrasepsi yang ingin dipilih

Laki laki dan perempuan mendapatkan informasi yang yang jelas tentang KB

Kesepakatan antara laki laki (suami) dan perempuan( istri) mengenai penggunaan alat kontrasepsi demi keuntungan bersama.    Jumlah peserta KB pria memenuhi target propenas ( mencapai angka ≥ 8 %)

D.    Kerangka Pemberdayaan Perempuan(KPP)
1.    Pengertian
Merupakan Metode untuk mengubah sikap, menjelaskan peran pemberdayaan pada proses pembangunan. Memikirkan bagaimana pemberdayaan perempuan dan makna persamaan dalam praktek serta seberapa jauh suatu intervensi akan mendukung pemberdayaan.Didesain oleh Sara Hlupekile Longwe, konsultan gender danpembangunan di Zambia.
Pemberdayaan didefinisikan sebagai sesuatu yang memungkinkan perempuan mengambil tempat yang sama dengan laki-laki, dan terlibat secara sama dalam proses pembangunan untuk mencapai kontrol atas faktor-faktor produksi di atas landasan yang sama dengan laki-laki.
2.    Kelebihan
a.    Memungkinkan penilaian tentang manfaat dan apa yang masih harus dikerjakan
b.    Mampu menjelaskan peran pemberdayaan dalam pembangunan karena sebelumnya tidak diakui atau dihargai.
c.    Memiliki perspektif politik yang sangat kuat.
3.    Kekurangan
a.    Statis, tidak mengindahkan situasi berubah
b.    Melihat hubungan hanya berkenaan dengan persamaan, bukan sistem hak, klaim, tanggung jawab
c.    Tidak mempertimbangkan bentuk ketidakadilan lain

    Tingkat Persamaan    Tingkat pengakuan isu perempuan
Sektor    Proyek     Kesejahteraan    Akses    Penyadaran    Partisipasi    Kontrol   
Pertanian                           
Pendidikan
&pelatihan    Aksi Hukum    ya    Ya    Ya    Ya    Ya    Positif
Perdagangan&
industri    Membuat keranjang    ya    Ya    Ya    Ya    Ya    Negatif
KERANGKA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PEREMPUAN
Tingkat
Pemberdayaan    Uraian    Tindakan untuk pemberdayaan    Permasalahan
Kontrol    Tingkat tertinggi dari ketidakadilan dan pemberdayaan gender    Perwakilan setara, peran aktif dalam pengembangan , diakuinya sumbangan masing masing- masing. Memperhatikan dan mencari tujuan yang lebih luhur    Bagaimana kegiatan yang ada dapat dipertahankan dan dikembangkan ke tingkat yang lebih tinggi
Partisipasi     Perempuan telah mencapai tingkat dimana mereka mengambil keputusan disamping laki laki     Mengorganisir diri bekerja dalam kelompok, maka mereka akan memperoleh perwakilan    Cara cara apa yang harus digunakan ?
Kesadaran kritis    Kesadaran bahwa permasalahan permasalahan bersifat struktural dan berasal daridiskriminasi yang melembaga      Kesadaran tentang peran mereka dalam menguatkan atau mengubah keadaan yang merugikan     Apa yang harus dilakukan?
Akses    Menyangkut kesetaraan akses terhadap sumberdaya dan manfaat    Kesadaran bahwa tidak adanya akses merupakan penghalang terjadinya peningkatan dan kesejahteraan    Mengapa kita mempunyai permasalahan?
Kesejahteraan    Hanya menangani kebutuhan dasar tanpa mencoba memecahkan penyebab struktural yang menjadi akar masalah     Pemberdayaan mencakup kehendak untuk memahami permasalahan yang dihadapi dan kebutuhan     Apa permasalahan kita?

E.    Diagram Pohon (tree diagram)/ pohon masalah dan pohon harapan
a.    Pengertian diagram Pohon (tree diagram)
Diagram Pohon (Tree Diagram) merupakan suatu alat yang menggambarkan suatu hubungan yang kompleks dari berbagai faktor yang berkaitan yang cocok satu dengan yang lain dalam bentuk hirarkhi. Diagram Pohon (Tree Diagram) ini menggambarkan serangkaian hubungan timbal balik dengan menggunakan "gambar pohon" dengan berbagai cabangnya. Titik temu cabang menunjukkan faktor-faktor yang saling berkaitan satu dengan yang lain tergantung dari "ketentuan cabang-cabang" tersebut. Penentuan faktor pada titik temu cabang yang tertera serta "ketentuan pencabangan" yang dipergunakan ditentukan oleh maksud dan tujuan dari "diagram pohon" tersebut. Sebagai contoh, untuk tujuan proyek, disebut dengan "Pohon Tujuan" (Objective Tree) yang menggambarkan adanya hubungan hirarkhi tujuan.
Dalam kaitannya dengan penyusunan dan pengembangan rancangan suatu proyek atau program, Diagram Pohon yang umum dipergunakan adalah "Pohon Masalah" (Problem Tree) dan "Pohon Tujuan / Harapan" (Objective Tree).
Pohon masalah merupakan diagram yang menggambarkan masalah, sebab dan akibat. Ini dilakukan setelah masyarakat menyususn masalah prioritas Teknik menggunakan pohon masalah disebut juga teknik analisis masalah.
b.    Langkah langkah menggunakan teknik analisa masalah
1.    Identifikasi masalah utama yang perlu dipecahkan
2.    Identifikasi masalah penyebab
3.    Mengelompokan sebab sebab permasalahan
4.    Identifikasi tingkat penyebab
5.    Menentukan tujuan dan harapan
6.    Memprioritaskan penyebab yang paling mendesak
7.    Memprioritaskan harapan yang paling efektif, mudah realistis, untuk dicapai
8.    Menyusun rencana kegiatan tentang what, who, where, when, why, how (5W, 1 H)
c.    Kegunaan Pohon Masalah
1.    Mengidentifikasi suatu keterhubungan antar berbagai masalah, sehingga diketahui :
    hubungan sebab akibat
    tingkat keterhubungan antar masalah
    hirarki kepentingan masalah
2.    Dari point pertama, dapat ditentukan tindakan penanganan penyebab masalah tsb.
3.    Dengan mengetahui tingkat keterkaitan antar masalah, dapat ditentukan hirarki kepentingan masalah. Aspek ini penting untuk penanganan masalah.
4.    Penyusunan masalah dalam suatu struktur yang sistematis akan sangat membantu dalam penyusunan tujuan dan sasaran penanganan masalah.

Pohon masalah Permasalahan Kesehatan Reproduksi dan perempuan di komunitas




















Pohon Harapan Permasalahan Kesehatan Reproduksi dan perempuan di komunitas

















F.    Diagram venn
Diagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek. Sebagai bagian ilmu matematika, diagram Venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh John Venn untuk menunjukkan hubungan sederhana dalam topik-topik dibidang logika, probabilitas, statistik,linguistik dan ilmu komputer.
Salah satu permasalahan perempuan adalah masih tingginya angka kematian ibu yaitu sebesar 228 per 100.000 Kelahiran Hidup(SDKI, 2007).Tingginya angka kematian ibu menggambarkan masih rendahnya derajat kesehatan perempuan.Di bawah ini terdapat diagram venn yang menggambarkan  distribusi presentase penyebab kematian ibu melahirkan.

Diagram venn distribusi presentase penyebab kematian ibu melahirkan.
Sumber : Departemen Kesehatan

Grafik diatas menunjukkan distribusi persentase penyebab kematian ibu melahirkan, berdasarkan data tersebut dapat dilihat ada tiga faktor utama penyebab kematian ibu melahirkan yakni, pendarahan, hipertensi saat hamil atau pre eklamasi dan infeksi.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
•    Indikator-indikator permasalahan kesehatan reproduksi wanita di Indonesia antara lain Gender, Kemiskinan, Pendidikan rendah, Kawin muda, Kekurangan gizi dan kesehatan yang buruk, beban erja yang berat,
•    Analisis Havard terdiri dari empat fokus analisis yakni: akses, partisipasi, kontrol, manfaat
•    Matriks Analisis Gender adalah alat analisis yang menggunakan metodologi partisipatif untuk memfasilitasi definisi dan analisis isu-isu gender oleh masyarakat yang terpengaruh oleh mereka.
•    KPP Merupakan Metode untuk mengubah sikap, menjelaskan peran pemberdayaan pada proses pembangunan.
•    Dalam kaitannya dengan penyusunan dan pengembangan rancangan suatu proyek atau program, Diagram Pohon yang umum dipergunakan adalah "Pohon Masalah" (Problem Tree) dan "Pohon Tujuan / Harapan" (Objective Tree).
•    Diagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek.
B.    SARAN

Sebagai tenaga kesehatan yang bekerja di komunitas, hendaknya setiap bidan menguasai metode havard, GAM, KPP, Pohon masalah, pohon harapan, dan diagram venn





DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2010. Teknik analisis Gender ( terjemahan ). Avaible from http://www.google.co.id/url?q=http://trisakti.staff.umm.ac.id/files/2010/03/Teknik-Analisis-Gender-Lemlit.pps&sa=U&ei=cdohUOK6NMnYrQe4toDIAg&ved=0CBIQFjAB&usg=AFQjCNHaZ6i1INGIdJfJ86Qlv42Rea8wCw diakses tanggal 08 agustus 2012
Anonim. 2008. Kesehatan Reproduksi. Avaible from :http://creasoft.wordpress.com/2008/04/18/kesehatan-reproduksi-wanita/ diakses tgl 07 agustus 2012
Anonim. 2007. Angka kematian ibu melahirkanAvaible from :http://menegpp.go.id/V2/index.php/datadaninformasi/kesehatan?download=23%3Aangka-kematian-ibu-melahirkan-aki. Diakses tanggal 10 Agustus 2012.
Fisaini, Julianadan Arif Fadillah. 2011. Identifikasi Dan Penstrukturan Masalah  II.Avaible from  :  http://komunitas-sipilmenulis.blogspot.com/2011/04/identifikasi-dan-penstrukturan-masalah_23.html diakses tgl 06 Agustus 2012
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Republik Indonesia.2010. Modul Pelatihan fasilitator Perencanaan dan penganggaran Daerah yang responsif Gender (PPRG).Jakarta : Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Republik Indonesia
Meity, Nur. 2009. Konsep Pemikiran Tentang Kesehatan Reproduksi WanitaAvaible from http://ners-meity.blogspot.com/ diakses tgl 06 Agustus 2012
Suyatno. 2010. Modul:Gender Analysis Pathway (GAP)Alur Kerja Analisis Gender (AKAG). Avaible from :http://suyatno.blog.undip.ac.id/files/2010/03/KIA-5-Modul-Analysis-Gender-_Pathway_.pdf. diakses tgl 06 Agustus 2012
Yulifah, Rita dan Tri Johan Agus Yuswanto. 2009. Asuhan Kebidanan Komunitas. Jakarta; Salemba Medika

v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar